Sekilas Perjalanan Politik George Walker Bush

Sekilas Perjalanan Politik George Walker Bush

Sekilas Perjalanan Politik George Walker Bush – Amerika Serikat adalah sebuah republik federal dengan pemerintahan yang dikepalai oleh seorang Presiden serta memegang ideologi Liberal. Paham liberalisme sendiri merupakan ideologi, pandangan, dan tradisi politik yang didasari oleh pemahaman – pemahaman persamaan hak serta kebebasan merupakan nilai politik yang utama.

Presiden adalah pemimpin untuk urusan kenegaraan dan pemerintahan. Sebagai salah satu negara yang sudah lama berdiri, Amerika Serikat telah memiliki banyak presiden yang pernah menjabat. Salah satu nama Presiden Amerika Serikat yang cukup terkenal adalah George Walker Bush.

Jabatan presiden USA ke – 43 berhasil diduduki oleh George Walker Bush dengan wakilnya Dick Cheney. Pria yang lahir pada tanggal 6 Juli 1946 ini merupakan seseorang yang sangat terpelajar. Pria berkewarganegaraan Amerika ini merupakan lulusan Universitas Yale dan juga Harvard Business School. Dari Universitas Yale, ia meraih gelar Bachelor of Arts dalam bidang sejarah di tahun 1968. Sedangkan dari Harvard Business School ia menyandang gelar Master of Business Administration. Istrinya bernama Laura Welch Bush. Dari pernikahannya dengan Laura dilahirkan dua orang anak. Kedua anak tersebut bernama Barbara Pierce Bush dan Jenna Welch Hager. Lelaki yang dilahirkan di New Haven, Connecticut, Amerika Serikat ini memulai kegiatan politiknya saat berpartisipasi dalam kampanye ayahnya sebagai senator dari Texas.

George Walker Bush merupakan seorang politikus yang berhasil menduduki kursi Presiden Amerika Serikat selama dua periode. Periode pertama ia terpilih menjadi presiden adalah pada tahun 2000. Pada periode jabatannya yang pertama ini Bush dilantik pada tanggal 20 Januari 2001. Setelah masa jabatan pertamanya berakhir di tahun 2004, politikus yang sebelumnya menjabat menjadi Gubernur Texas ke – 46 (1995 – 2000) ini mengikuti kembali pemilu di tahun yang sama. Pada pemilu tahun 2004 tersebut, George Walker Bush kembali terpilih untuk mengemban tugas menjadi kepala negara sekaligus kepala pemerintahan Amerika Serikat. Baru setelah masa jabatannya berakhir, Presiden Barack Obama terpilih di pemilu berikutnya dan menduduki kursi Presiden Amerika Serikat.

George Walker Bush merupakan sosok yang hadir dari keluarga politikus. Ia adalah bagian dari Keluarga Bush yang merupakan bagian dari Partai Republik dan politik Amerika Serikat. Bush merupakan putra sulung dari pasangan suami – istri George H. W. Bush dan Barbara Bush. Ayah Bush sendiri pernah menduduki kursi Presiden Amerika Serikat. Kakek dari George Walker Bush adalah Prescott Bush. Prescott Bush merupakan mantan Senator Amerika Serikat dari Connecticut. Darah politik tidak berhenti pada Bush, adiknya yang bernama Jeb Bush juga pernah menjadi pemegang jabatan penting dalam pemerintahan. Jeb Bush pernah menjadi Gubernur di Florida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *