Sosok Politikus Terkenal AS – Obama

Sosok Politikus Terkenal AS – Obama – Ada apa, sih dengan politik Amerika Serikat? Mengapa banyak sekali orang yang membicarakannya? Bahkan perhatian dunia sepertinya sering kali lebih tertarik dengan politik di Amerika Serikat daripada politik negara lain.

Sebelumnya, mari pahami lebih dahulu apa itu “Politik”. Politik tentu terkait dengan urusan kepentingan baik itu individu maupun kelompok. Kepentingan tentu terkait sebuah tujuan, misalnya ingin menang dalam sebuah pemilu atau posisi tertentu. Di negara seperti Amerika tentu saja politik juga berjalan, bahkan lebih hebat dibandingkan negara berkembang. Setiap presiden yang memimpin amerika tentu saja menjalankan sebuah strategi politik karena dengan cara itu seorang calon bisa menang. Politik dijalankan dengan berbagai cara seperti membentuk koalisi yang tentu pada akhirnya akan bisa mencapai tujuan. Setiap pemimpin pun punya strategi politik yang pastinya dirancang agar bisa mengalahkan lawan.Begitupun dengan Obama yang pernah dua kali menjabat presiden AS.

Amerika serikat merupakan gabungan dari beberapa negara bagian yang membentuk republik federal yang berideologi liberal. Ideologi liberal merupakan sebuah paham yang berpendapat bahwa persamaan hak dan kebebasan merupakan nilai politik yang utama. Walaupun mengutamakan kebebasan, bukan berarti warga masyarakat Amerika Serikat bebas – sebebasnya untuk bermain judi bola online sesuka hati. Tentu saja masih ada peraturan yang membatasi kebebasan tersebut. Bayangkan betapa kacaunya Amerika Serikat jika warganya benar – benar bebas dan tidak memiliki aturan. Tentu akan terjadi kekacauan, bukan?

Sosok Politikus Terkenal AS - Obama

Secara logika, mengapa sih politik di Amerika Serikat sangat sering menjadi materi diskusi oleh banyak orang terutama pengamat politik di berbagai belahan dunia? Seperti yang kita tahu, Amerika Serikat kerap dijadikan sebagai patokan atau standar tertentu pada beberapa bidang. Banyak negara yang menjadikan Amerika Serikat sebagai contoh kemajuan yang perlu dikejar. Oleh karena itu, jika dipikir dengan logika, maka masuk akal jika banyak sekali yang memerhatikan hal – hal yang berkaitan dengan republik federal tersebut – termasuk politik.

Berbicara mengenai politik Amerika Serikat, tentunya tidak akan terlepas dari pemilihan presiden bagi negara ini. Pemilihan pengisi kursi presiden telah dilakukan sejak lama sekali. Dan dapat ditebak bahwa banyak sekali orang yang langsung memikirkan nama “Barack Obama” begitu kata Presiden Amerika Serikat disebut.

Mari berkenalan sebentar dengan Obama! Obama adalah orang keturunan Afrika Amerika pertama yang berhasil menempati kursi Kepala Negara sekaligus Kepala Pemerintahan Amerika Serikat. Obama merupakan sosok politikus yang cerdas dan dikenal ramah pada orang lain. Politikus yang satu ini menempuh studi sarjana dan memperoleh gelar di Columbia University. Tidak berhenti di pendidikan sarjana saja, Obama melanjutkan studi master dan mendapatkan gelarnya di Harvard Law School. Wah, latar pendidikan Obama sangat baik, bukan?